Monday, March 21, 2011

Buku berjudul Membangun Tambang Di Ujung Dunia


Buku berjudul "Membangun Tambang di Ujung Dunia" karangan Dr.Ir A.R Soehoed terbitan tahuh 2005 diterbitkan oleh Aksara Karuna, 247 hlm + xxvii, 22 cm , ini merupakan Buku Jilid 1 dari Sejarah Pengembangan Pertambangann PT. Freeport Indonesia Di Provinsi Papua.

Isi buku ini sangat bagus berisikan cerita dan sejarah tentang pembukaan tambang ditanah Papua secara detai disertai dengan gambar-gambar rekaman peristiwa yang terkait dengan sejarah pembukaan tambang. Mulai dari jaman sebelum kemerdekaan sampai setelah kemerdekaan.

Selain berisikan tentang sejarah Pengembangan Pertambangan buku ini pun berisikan tentang penjelasan-penjelasan istilah dalam dunia pertambangan maupun pengetahuan umum lainnya khususnya lebih banyak menjelaskan tentang pengetahuan geologi yang pastinya akan memberikan wawasaan baru bagi pembacanya.

Aku sendiri menemukan buku ini di Perpustakaan Kampus ku, buku ini merupakan buku Jilid 1, dari 4 Jilid yang diterbitkan.

jilid 1: Membangun Tambang di Ujung Dunia
Jilid 2: Mengembangkan Tambang kelas Dunia di atap bumi
Jilid 3: Tambang dan Pengolahan Lingkungannya
Jilid 4: Pertambangan dan Pembangunan Lingkungan.

Didalam buku ini terdapat 9 Bab pembahasan antara lain :

Bab 1 : Tanah Papua
Bab 2 : Pegunungan salju dan Penemuan Gunung Bijih
Bab 3 : Forbes Wilson dan Gunung Bijih
Bab 4 : Kontrak Karya PT. Freeport Indonesia
Bab 5 : Membangun Tambang
Bab 6 : Gunung Bijih dan Gunung Bijih timur
Bab 7 : Grasberg
Bab 8 : Eksplorasi
Bab 9 : Geoteknik

Menurutku sendiri buku ini sangat bagus dan begitu menriknya untuk menambah wawasan tentang Pertambangan apalagi didalam buku ini disertakan gambar yang sejarah yang menarik.

Moga ja aku bisa ketemu dengan buku jilid 2,3 dan 4 nya... Amin...

No comments:

Post a Comment