Thursday, April 14, 2011

Sedikit Tentang Istilah Intrusi


Usaha magma untuk keluar atau menuju ketekanan yang lebih rendah dikenal dengan extrusi dan intrusi. Ekstrusi adalah proses keluarnya magma dari dapur magma hingga kepermukaan bumi.

Dalam geologi sebuah intrusi adalah sebuah batuan beku yang telah menjadi Kristal dari sebuah magma yang melelh dibawah permukaan bumi. Magma membeku dibawah tanah sebelum mereka mencapai permukaan bumi dinamakan pluton, batuan jenis ini juga disebut sebagai batuan beku plutonik atau batuan beku intrusif. Dia berlawanan dengan batuan extrusif. Batuan yang mengelilingi pluton adalah contry rock. Atau dengan kata lain intrusi adalah prosess terobosan magma kedalam lapisan kulit bumi (litosper) tetapi tidak sampai keluar dari permukaan bumi. Namun intrusi magma menyebabkan permukaan cembung akibat pengangkatan lapisan kerak bumi. Intrusi magma juga menyebabkan berbagai bentuk penampang gunung api.

Menurut jenisnya intrusi terbagi beberapa macam , diantaranya :
- Batolit adalah batuan beku yeng terbentuk didalam kapur magma, sebagai akibat penurunan suhu yang sangat lambat. Atau dengan kata lain batolit adalah intrusi magma yang dekat dengan dapur magma.
- Lakolit adalah magma yang menyusup antara lapisa batuan yang menyebabkan lapisan batuan diatasnya terangkat sehingga menyerupai lensa cembung, sementara permukaan atasnya tetap rata.
- Sill adalah lapisan magma yang tipis menyusup diantara lapisan batuan.
- Diaterma adalah batuan yang mengisi pipa letusan , berbentuk slinder, mulai dari dapur magma sampai permukaan bumi.
- Intrusi Korok atau gang adalah batuan hasil intrusi magma memotong lapisan-lapisan litosper dengan bentuk pipih atau lempeng. Dan perbedaan antara Gang dan sill adalah apabila sill batuan beku diantara dua lapisan batuan, sedangkan gang adalah batuan beku yang terbentuk dari intrusi magma yang berbentuk pipih yang posisinya memotong antar lapisan batuan.
- Apolisa adalah semacam cabang dari intrusi gang namun lebih kecil atau percabangan magma yang ukurannya kecil atau sering disebut juga urat-urat magma.


Sumber :
http://poerafic.wordpress.com/2010/08/15/intrusi-magma/

No comments:

Post a Comment