Friday, May 11, 2018

Mengenal Bentuk Material dalam Keadaan BCM, LCM, CCM

Yang dimaksud dengan pengembangan material adalah perubahan berupa penambahan atau pengurangan volume material (tanah) yang diganggu dari bentuk aslinya. Dari faktor tersebut bentuk material dibagi dalam 3 (tiga) keadaan seperti pada gambar diatas :

a. Keadaan Asli (bank condition)
Keadaan material yang masih alami dan belum mengalami gangguan teknologi, butiran-butiran material yang dikandungnya masih terkonsolidasi dengan baik. Satuan volume material dalam keadaan asli disebut meter kubik (bank cubic meter/ BCM).

b. Keadaan Gembur (loose condition)
Material yang telah tergali dari tempat aslinya mengalami perubahan volume yaitu mengembang. Hal ini disebabkan adanya penambahan rongga udara diantara butiran-butiran material dengan demikian volumenya menjadi lebih besar. Satuan volume material dalam keadaan terberai disebut meter kubik (loose cubic meter/LCM).

c. Keadaan Padat (compact condition)
Keadaan padat akan dialami oleh material yang mengalami proses pemadatan. Perubahan volume terjadi karena adanya penyusutan rongga udara diantara butiran-butiran material tersebut, dengan demikian volumenya akan berkurang tetapi beratnya sama. Satuan volume material dalam keadaan padat disebut meter kubik dalam  keadaan padat (compact cubik meter/CCM).

untuk mengetahui nilai Swell factor dan Konversinya dapat download dilink dibawah ini :

No comments:

Post a Comment